Cara menulis surat lamaran kerja yang membuat Anda akan diperhatikan

Cara menulis surat lamaran kerja yang membuat Anda akan diperhatikan
Surat lamaran adalah cara penting untuk mempersonalisasi aplikasi Anda dan membuat diri Anda menonjol di antara pelamar lainnya. Surat pengantar yang baik memberi perusahaan sebuah jendela tentang siapa Anda sebenarnya dan menyampaikan mengapa Anda orang yang tepat untuk posisi itu.

Baca juga: Cara mengatasi demam panggung

Berikut adalah cara menulis surat lamaran kerja yang akan membuat Anda diperhatikan.

1. Melakukan penelitian
Penting untuk diingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan surat lamaran yang sama ketika melamar ke banyak pekerjaan. Untuk mencapai hal ini — dan sebelum Anda mulai menulis — pastikan Anda memahami misi dan visi perusahaan, apa posisi yang Anda lamar, dan kepada siapa Anda menulis. Beberapa informasi ini dapat ditemukan dalam posting pekerjaan, tetapi lebih dari itu untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki gambaran lengkap. Seberapa besar perusahaan? Apa itu dikenal? Tantangan apa yang dihadapinya? Jadilah teliti dan periksa kembali fakta Anda; buat surat anda semenarik mungkin yang bisa membuat orang melotot saat membaca surat Anda.

2. Jelaskan mengapa Anda cocok untuk perusahaan — tetapi jangan berlebihan
Sering disarankan untuk memulai surat lamaran Anda dengan pernyataan yang menarik perhatian. Ini bisa berhasil, tetapi ada garis tipis antara yang tulus dan pura pura. Misalnya, sangat bagus untuk menceritakan kisah singkat tentang hubungan pribadi yang Anda miliki dengan perusahaan atau misinya, tetapi itu harus menarik, tulus, dan singkat. Jika Anda tidak memiliki koneksi nyata untuk menarik, fokus pada keahlian Anda dan bagaimana itu selaras dengan tujuan perusahaan.

3. Jadilah ringkas dan tetapi informatif dalam tulisan Anda
Anda tidak boleh mengirimkan surat lamaran lebih lama dari satu halaman. Ini juga harus pas di satu halaman, tidak penuh dengan margin yang berkurang. Buatlah mudah dibaca dengan menghindari kalimat panjang dan putus paragraf panjang. Surat Anda bisa menjadi karya prosa yang memukau, tetapi jika terlihat padat dan sulit dibaca, itu bisa menutup peluang Anda untuk mendapatkan perhatian.

Juga hindari menyertakan detail yang berlebihan tentang pendidikan atau pengalaman kerja Anda; Resume Anda akan menawarkan semua detail ini, dan Anda dapat merujuknya di surat Anda. Mengapa mereka harus membaca surat Anda jika mereka dapat memperoleh informasi yang sama dari resume Anda?

4. Lampirkan keahlian Anda dalam surat lamaran Anda
Bacalah daftar pekerjaan dengan hati-hati untuk mencari tahu apa yang paling penting bagi perusahaan mengenai posisi ini. Kemudian, soroti pengalaman yang Anda miliki yang menunjukkan keahlian Anda di bidang itu. Fokus pada kata kunci dan frasa dalam daftar yang cocok dengan latar belakang Anda. Misalnya, apakah mereka membutuhkan seseorang dengan "sejarah keberhasilan yang terbukti dalam membangun kehadiran media sosial"? Jika demikian, soroti bagaimana Anda menggandakan Twitter perusahaan Anda sebelumnya dengan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Gunakan spesifik dan angka untuk menceritakan kisah Anda tapi jangan terlalu banyak detail. Beri mereka teaser, dan kemudian simpan sisa cerita untuk wawancara.

5. Jangan memasukkan bahasa yang tidak autentik
Jika Anda tidak tulus dalam memuji perusahaan Anda, yang membaca surat Anda akan melihat bahasa yang tidak memiliki gairah nyata di baliknya, dan surat Anda dapat dilewatkan lebih mudah. Jelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan, tetapi pastikan bahasa Anda tulus dan tulus.

Demikianlah tips menulis surat lamaran yang membuat Anda akan diperhatikan, semoga ada manfaatnya buat anda yang membaca, terima kasih.

Popular posts from this blog

Inilah Fitur dari Gmail terbaru

Cara menggunakan whatsapp sebagai aplikasi catatan harian

Berbakti kepada orangtua: kunci sukses dunia akhirat