Cara Cepat Belajar Menghafal

Cara Cepat Belajar Menghafal
i-kiloh | Baik Anda seorang pelajar, profesional, orang tua, atau pensiunan - kita semua belajar hal-hal baru setiap hari. Bisa jadi cara memainkan gitar, bahasa baru, cara menemukan akar kuadrat angka, atau cara berbicara di depan audiens tanpa kehilangan ketenangan Anda. Pikiran kita terus berkembang dengan informasi baru.

Tidak dapat disangkal, mempelajari keterampilan baru dapat membuat frustasi dan memakan waktu, tetapi bagaimana jika sains dapat membantu mempercepat proses walaupun cuma sedikit?

Ada sejumlah cara untuk Cara Cepat Belajar Menghafal dan melatih otak Anda untuk mengingat hal-hal lebih cepat dan mengoptimalkan pembelajaran.

1. Latihan untuk menjernihkan pikiran Anda
Berolahraga adalah baik untuk tubuh kita, tetapi otak kita menuai banyak manfaat juga. Latihan dapat meningkatkan pembelajaran dan ingatan, jadi jika Anda mengalami hambatan untuk menulis atau tidak dapat menyelesaikan masalah matematika yang sulit, cobalah untuk berjalan atau lakukan gym dalam sesi latihan cepat.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa olahraga memiliki manfaat langsung pada kognisi pada orang dewasa yang lebih muda dan yang lebih tua - setelah sesi latihan sederhana 15 menit, peserta penelitian menunjukkan peningkatan dalam memori dan proses kognitif.

Lihat juga: Cara mengatasi demam panggung

2. Tuliskan apa yang perlu diingat berulang kali
Sepertinya lebih banyak pekerjaan untuk terus mencatat hal yang sama berulang kali, tetapi aktivitas sederhana ini dapat bekerja dengan sangat baik untuk mengingat ingatan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa daftar fakta atau masalah meningkatkan kemampuan untuk menghafalnya dan bukannya mencoba untuk mempelajarinya secara pasif dengan membaca ulang.

Lebih lanjut, studi lain menemukan bahwa mengambil catatan kuliah dengan tangan membantu siswa lebih baik mengingat isi pelajaran.

3. Lakukan yoga
Yoga adalah cara mudah untuk memperbaiki materi abu-abu otak Anda, yang terlibat dalam kontrol otot dan persepsi indra seperti ucapan, ingatan, pengambilan keputusan, dan penglihatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga menunjukkan lebih sedikit kegagalan kognitif . Hebatnya lagi, penelitian lain pada 2012 menemukan bahwa hanya 20 menit yoga yang mendorong fungsi otak peserta studi, yang mengarahkan mereka untuk melakukan lebih baik pada tes fungsi otak, baik secara cepat dan akurat.

4. Belajar atau berlatih di sore hari
Bahkan jika Anda menganggap diri Anda orang “pagi” atau “malam”, setidaknya satu penelitian telah menunjukkan bahwa berfokus pada tugas di sore hari dapat memiliki efek yang lebih besar pada pelatihan ingatan jangka panjang daripada waktu-waktu lain dalam sehari.

5. Hubungkan hal-hal baru dengan apa yang sudah Anda ketahui
Menurut Loma Linda University School of Medicine, teknik berbasis otak yang bagus untuk retensi ingatan adalah untuk menghubungkan informasi baru dengan apa yang sudah Anda ketahui.

"Misalnya, jika Anda belajar tentang Romeo dan Juliet, Anda dapat mengaitkan apa yang Anda pelajari tentang permainan dengan pengetahuan sebelumnya yang Anda miliki tentang Shakespeare, periode historis di mana penulis tinggal dan informasi terkait lainnya," tulis universitas.

6. Jauhi multitasking
Di dunia yang digerakkan oleh teknologi, kita sering tanpa sadar mengambil ponsel cerdas kita untuk menjawab teks atau memeriksa umpan media sosial saat kita berada di tengah tugas lain. Dalam beberapa situasi, kemampuan untuk multitask dapat terbukti berguna, tetapi ketika datang untuk mempelajari keterampilan baru atau menghafal informasi, sebaiknya fokus pada satu hal itu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: Persepsi dan Kinerja Manusia menunjukkan bahwa multitasking merusak efisiensi kita - terutama untuk tugas-tugas yang rumit atau tidak biasa - karena membutuhkan waktu tambahan untuk menggeser mental setiap kali ada pergeseran individu di antara banyak tugas.

7. Ajari orang lain apa yang telah Anda pelajari
Berbagi keterampilan atau pengetahuan yang baru Anda pelajari adalah cara yang efisien untuk lebih memantapkan informasi baru di otak Anda, menurut Loma Linda University. Proses menerjemahkan informasi ke kata-kata Anda sendiri membantu otak Anda lebih memahaminya, dan ada sejumlah cara inovatif untuk memecahkan sesuatu untuk mengajarkannya kepada orang lain. Ini adalah win-win solution untuk semua orang.

Popular posts from this blog

Inilah Fitur dari Gmail terbaru

Cara menggunakan whatsapp sebagai aplikasi catatan harian

Berbakti kepada orangtua: kunci sukses dunia akhirat